Selatan Kabupaten Tegal, Ada Surga Tersembunyi di Perbatasan

Setiap Kota memiliki landmark masing-masing. Biasanya, landmark tersebut dikelola oleh Pemerintah setempat, hingga gaung pemasarannya didengar oleh Masyarakat. 
Dok Pribadi/ tiket masuk Rp 5.000/ orang 

Seperti di Semarang, ada Kawasan Kota Lama. Yogyakarta terkenal dengan Malioboro-nya. Hingga kata orang-orang belum ke Yogyakarta jika tidak bertandang ke Malioboro. 
Bagaimana dengan alam yang berada di perbatasan? Adakah para traveller sempat mendengar namanya? 
Spot menuju puncak bukit

Panorama di Puncak Bukit Baper
Di daerah Pantura misalnya. Ada apa di perbatasan Kabupaten Tegal-Brebes? Bagi traveller dari luar Kota pasti kurang familiar dengan nama Bukit Baper, tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kami penikmat alam yang masih alami. 
Bukit Baper terletak di sisi selatan Kabupaten Tegal, daerah perbatasan Kabupaten Tegal - Brebes. 
Kekayaan alam di sisi selatan Slawi memang tidak terkira, ditunjang dengan letak geografis yang mempuni. Jika Guci menjadi landmark Slawi, bagaimana dengan Cempaka, dan kawasan Bumijawa? Bak surga yang tersembunyi hal itu harus kami lewati untuk menuju Bukit Baper. 
Terletak di Batursari Sirampog, Kabupaten Brebes, dari pusat Kota Tegal, Bukit Baper bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam. 
Dalam perjalanan, kamu akan terbius dengan pemandangan yang meneduhkan mata. Ini adalah kenikmatan tersendiri bagi para traveller. 
Dok Pribadi
Angin segar menerpa kami saat melewati kawasan Sigeong dan Sirampog. 
Usai sampai kawasan Bukit Baper, para pengunjung harus teliti dalam berkendara, beberapa sisi jalan masih dipenuhi bebatuan. 
Hamparan bukit membentang dan aneka lahan sayur bisa ditemukan selama mata memandang kawasan Sigeong-Sirampog. 
Bukit Baper dekat dengan pemukiman warga. Sebagian besar warga di kawasan ini bermata pencaharian sebagai pengelola lahan perbukitan milik perhutani yang ditanami kol, wortel, kentang, dan bawang merah. 
Ada juga warga yang menjadi buruh tani. 
Hijau. Alami. Dua kata tersebut menggambarkan keadaan bukit Baper.
Rute yang Dilalui
Kota Tegal - Slawi - Bojong - Sigeong - Sirampog 
Untuk bisa menikmat puncak bukit Baper, pengunjung harus menyiapkan uang masuk Rp 5.000/ orang. Biasanya setiap hari libur bukit ini sering dikunjungi penduduk sekitar Tegal. 
Jika cuaca cerah, kamu akan dimanjakan dengan hamparan bukit nan membentang hijau, semilir angin tanpa polusi, serta cuitan burung. 
Ada spot-spot untuk berfoto banyak di puncak bukit. 
Bagi yang jarang olahraga, he-he, nafas akan terasa ngos-ngosan. 
Tips sebelum mendaki perbukitan ini, sebaiknya Anda mempersiapkan dengan baik. Minimal olahraga minimal seminggu sekali. 
Sepanjang perjalanan mendaki dari parkiran, pintu masuk, hingga puncak bukit rasa lelah itu terbayarkan dengan alam yang masih alami. 
Kawasan ini dikelola oleh warga setempat. 
"Wisata ini dikelola oleh desa Batursari RT 03/ RW 03 Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes sejak Desember 2017. Awalnya para pemuda-pemudi yang memiliki ide untuk mengelola bukit ini, mereka suka camping, hingga akhirnya mencetuskan ide ini," tutur Sekretaris Pengelola Bukit Baper, Wardi Susanto kepada kami saat membeli karcis. 
Oh iya, untuk parkir sendiri, siapkan kocek Rp 2.000/ kendaraan. 
Untuk roda empat, tidak disarankan sampai di parkiran. Sebab, jalan menuju lokasi ini benar-benar masih setapak: tanah dan batu. 
Selamat bertadabur alam. 

Comments

Popular posts from this blog

Review Buku Lelaki yang Membunuh Kenangan: Cinta dan Luka

Review Novel Perempuan Bersampur Merah: Apakah Kamu Ingat Pembantaian Banyuwangi 1998?

Review Novel Gadis Pesisir: Rahasia Mata seorang Gadis yang Kelaparan